HPK

mesothelioma survival rates,structured settlement annuity companies,mesothelioma attorneys california,structured settlements annuities,structured settlement buyer,mesothelioma suit,mesothelioma claim,small business administration sba,structured settlement purchasers,wisconsin mesothelioma attorney,houston tx auto insurance,mesotheliama,mesothelioma lawyer virginia,seattle mesothelioma lawyer,selling my structured settlement,mesothelioma attorney illinois,selling annuity,mesothelioma trial attorney,injury lawyer houston tx,baltimore mesothelioma attorneys,mesothelioma care,mesothelioma lawyer texas,structered settlement,houston motorcycle accident lawyer,p0135 honda civic 2004,structured settlement investments,mesothelioma lawyer dallas,caraccidentlawyer,structured settlemen,houston mesothelioma attorney,structured settlement sell,new york mesothelioma law firm,cash out structured settlement,mesothelioma lawyer chicago,lawsuit mesothelioma,truck accident attorney los angeles,asbestos exposure lawyers,mesothelioma cases,emergency response plan ppt,support.peachtree.com,structured settlement quote,semi truck accident lawyers,auto accident attorney Torrance,mesothelioma lawyer asbestos cancer lawsuit,mesothelioma lawyers san diego,asbestos mesothelioma lawsuit,buying structured settlements,mesothelioma attorney assistance,tennessee mesothelioma lawyer,earthlink business internet,meso lawyer,tucson car accident attorney,accident attorney orange county,mesothelioma litigation,mesothelioma settlements amounts,mesothelioma law firms,new mexico mesothelioma lawyer,accident attorneys orange county,mesothelioma lawsuit,personal injury accident lawyer,purchase structured settlements,firm law mesothelioma,car accident lawyers los angeles,mesothelioma attorneys,structured settlement company,auto accident lawyer san francisco,mesotheolima,los angeles motorcycle accident lawyer,mesothelioma attorney florida,broward county dui lawyer,state of california car insurance,selling a structured settlement,best accident attorneys,accident attorney san bernardino,mesothelioma ct,hughes net business,california motorcycle accident lawyer,mesothelioma help,washington mesothelioma attorney,best mesothelioma lawyers,diagnosed with mesothelioma,motorcycle accident attorney chicago,structured settlement need cash now,mesothelioma settlement amounts,motorcycle accident attorney sacramento,alcohol rehab center in florida,fast cash for house,car accident lawyer michigan,maritime lawyer houston,mesothelioma personal injury lawyers,personal injury attorney ocala fl,business voice mail service,california mesothelioma attorney,offshore accident lawyer,buy structured settlements,philadelphia mesothelioma lawyer,selling structured settlement,workplace accident attorney,illinois mesothelioma lawyer

Menu Navigasi

50 Peserta Berpartisipasi dalam Festival Meriam Karbit

Pontianak (ANTARA) - Sebanyak 50 peserta dengan jumlah 279 meriam karbit ikut menyemarakkan dan berpartisipasi dalam Festival Meriam Karbit Kota Pontianak tahun 2011 yang dimulai pada Senin malam.

"Festival meriam Karbit ini merupakan agenda wisata sungai Kota Pontianak yang dilaksanakan setiap dua tahun sekali. Pada tahun 2011 ini merupakan tahun festival Meriam Karbit yang diikuti oleh 50 peserta yang tersebar di sepanjang tepian Sungai Kapuas, Kota Pontianak," kata Ketua Forum Meriam Karbit Kota Pontianak, Syaiful Azhar, saat menyampaikan laporan membuka kegiatan Festival Meriam Karbit Kota Pontianak yang difokuskan di Gang Garuda, Jalan Imam Bonjol, Kota Pontianak.

Menurutnya, kebudayaan Meriam Karbit tersebut sudah turun temurun dimainkan oleh masyarakat tepian Sungai Kapuas Kota Pontianak, terutama pada saat malam menyambut Hari Raya Idul Fitri, menjelang tahun baru dan HUT Kota Pontianak.

Untuk melestarikan kebudayaan bernilai pariwisata tersebut, dilaksanakanlah festival itu agar generasi muda kota Pontianak, khususnya yang berada di tepian Sungai Kapuas bisa terus melestarikannya.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Pontianak, Utin Khadijah berharap kegiatan festival itu tidak hanya pada sampai di situ saja. Karena ke depan dia akan mengubah jadwal kegiatan festival Meriam Karbit itu dari malam takbiran menjadi saat HUT Kota Pontianak yang diperingati setiap bulan Oktober, sehingga nantinya kegiatan itu akan menjadi agenda wisata tahunan.

"Sebenarnya kegiatan ini sudah menjadi agenda wisata keempat tahunan Kota Pontianak di mana kegiatan itu dikemas dalam konsep wisata pesona Sungai Kapuas yang mana di dalamnya selain terdapat festival meriam karbit juga dipadukan dengan tarian tradisional, parade band dan lain sebagainya," tuturnya.

Utin menyatakan nantinya agenda tersebut akan dilaksanakan lebih besar lagi dengan melibatkan berbagai pihak terkait seperti maskapai penerbangan, perhotelan , restoran, dan pihak ketiga lainnya yang berkompeten untuk mengembangkan potensi wisata sungai itu.

Dalam kegiatan itu memperebutkan total hadiah Rp10 juta, di mana pemenang pertama mendapatkan Rp5 juta, juara II Rp3 juta dan juara III Rp2 juta, di mana para pemenang akan di umumkan pada saat peringatan titik Kulminasi yang dilaksanakan setiap tanggal 23 September.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Pontianak, Paryadi yang membuka festival tersebut mengajak masyarakat untuk membudayakan permainan Meriam Karbit untuk mendukung potensi wisata di kota itu.

"Permainan meriam karbit ini boleh dikatakan sebagai permainan yang hanya dimainkan oleh masyarakat tepian Sungai Kapuas di Kota Pontianak yang patut untuk dilestarikan," kata Paryadi.

Mewakili Pemerintah Kota Pontianak, Paryadi menyimpan harapan besar, permainan meriam karbit ini ke depan bisa menjadi salah satu permainan budaya unggulan di Indonesia. Pasalnya, tidak hanya banyak menyedot perhatian warga setiap malam Lebaran, meriam karbit juga memiliki latar belakang budaya yang unik.

Dia mengatakan, meriam karbit dahulu digunakan untuk mengusir hantu kuntilanak pada masa pemerintahan Sultan Pontianak, kemudian permainan itu dilanjutkan oleh penerusnya pada setiap menjelang puasa dan Lebaran.

Ia mengatakan, dalam kurun waktu lama permainan tersebut sempat memudar. Tetapi atas dukungan Pemerintah Kota Pontianak, saat ini setiap dua tahun sekali Festival Meriam Karbit dilaksanakan dengan tujuan agar permainan itu terus dijaga.

30 Aug, 2011


--
Source: http://id.omg.yahoo.com/news/50-peserta-berpartisipasi-dalam-festival-meriam-karbit-061151335.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com Share on Facebook