Ki Kusumo: Saatnya Barongsai Indonesia Mendunia

Sebagai Ketua Umum Asosiasi Liong dan Barongsai Seluruh Indonesia (ALBSI), Ki Kusumo merasa sudah saatnya atlet-atlet barongsai Indonesia bisa berbicara di kancah internasional. Hal ini mengingat antusiasme dan kemampuan yang ditunjukkan pebarongsai di tanah air dalam berbagai kejuaraan yang dihelat.

Seperti pada Kejurnas Barongsai Piala Presiden RI yang digelar Asosiasi Liong dan Barongsai Seluruh Indonesia (ALBSI) bekerja sama dengan Pemkab Belitung Timur di Pantai Nyiur Melambai, Belitung Timur dari tanggal 10-12 Oktober 2011 lalu.

Menurut artis sekaligus produser ini, Kejurnas Barongsai Piala Presiden RI merupakan kejuaraan yang sangat istimewa. Selain karena piala yang diperebutkan adalah piala Presiden RI dan acaranya dihadiri Wapres RI, para pesertanya mencapai 54 tim dari 12 propinsi.

"Ini kejuaraan yang luar biasa. Saya melihat antusias tak hanya datang dari masyarakat pecinta barongsai dan para pejabat pemerintahan, namun juga dari para pesertanya," ujar Ki Kusumo dalam siaran persnya, Jumat (14/10).

Keluar sebagai pemenang untuk kategori Lantai, Juara 1 Huang Ho Say A Jakarta, Juara 2 Lima Naga Surabaya, dan Juara 3 Huang Ho Say B Jakarta. Untuk kategori Semi Lantai, Juara 1 Huang Ho Say A Jakarta, Juara 2 Huang Ho Say B Jakarta, dan Juara 3 Singa Mas Tangerang.

Sementara kategori Tonggak, Juara 1 Makin B Beltung Timur, Juara 2 Huang Ho Say Jakarta dan Juara 3 Singa Mas Sakti Belitung. Untuk Juara Umum dan berhak atas tropi bergilir Presiden RI adalah Huang Ho Say A dari Jakarta.

Para pemenang diberi kesempatan tampil di acara puncak Sail Wakatobi Belitong 2011, Kamis (13/10), yang dihadiri Wakil Presiden RI, Budiono, Menegpora, Andi Mallarangeng, Bupati Belitung Timur, Basuri Tjahja Purnama dan Ketua Umum ALBSI, Ki Kusumo.

Ki Kusumo berharap, prestasi yang telah diukir para atlit barongsai Indonesia bisa ditingkatkan, tak hanya di tingkat nasional namun sampai go internasional.

"Inilah saatnya atlit barongsai Indonesia go internasional," pungkasnya. (kpl/ato/faj)

15 Oct, 2011


--
Source: http://id.omg.yahoo.com/news/ki-kusumo-saatnya-barongsai-indonesia-mendunia-102300506.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com