Wakil Rusia di Ajang Oscar Jadi Kontroversi

63 negara telah resmi mengirimkan wakil mereka ke ajang perebutan gelar Film Asing Terbaik tahun ini. Kalau Anda lihat di daftar panjang ini, Rusia diwakili oleh film berjudul BURNT BY THE SUN 2: THE CITADEL arahan Nikita Mikhalkov. Film inilah yang sekarang jadi bahan perdebatan di Rusia. Diduga, film ini sebenarnya tak lolos kualifikasi namun karena ada faktor lain maka film ini yang terpilih.

Saat ini para sineas Rusia bergabung dalam Kino Soyuz dan berencana mencari tahu proses nominasi dan kenapa BURNT BY THE SUN 2: THE CITADEL bisa menjadi wakil Rusia di ajang perebutan Oscar. Konon, banyak kritikus dan sineas yang menilai film ini sama sekali tak layak menjadi wakil Rusia.

Saat diedarkan 22 April 2010 lalu, film yang mencantumkan nama Nikita Mikhalkov sebagai sutradara, produser, penulis naskah sekaligus pemeran utama ini gagal meraih simpati publik maupun kritikus. Selain mendapat cacian dari para kritikus, film ini juga gagal mengembalikan modal yang dikeluarkan penyandang dana. Konon, dari modal sebesar US$55 juta (Rp484 miliar lebih) film ini hanya menghasilkan sekitar US$8,2 juta (Rp72,8 miliar).

Kabar yang dilansir Contact Music juga menyebutkan kalau Nikita Mikhalkov punya hubungan baik dengan para penguasa di negeri itu. Nikita juga adalah teman baik Vladimir Putin yang kemungkinan ikut campur tangan dalam proses pemilihan wakil Rusia di ajang Oscar ini. (kpl/cmc/roc)

18 Oct, 2011


--
Source: http://id.omg.yahoo.com/news/wakil-rusia-di-ajang-oscar-jadi-kontroversi-141300322.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com