Warga Bersihkan Malioboro Sambut Kirab Pengantin Keraton

Kalangan masyarakat Kota Yogyakarta, Selasa (18/10) siang, melakukan gotong royong membersihkan kawasan Maliboro untuk menyambut kirab pengantin putri bungsu Sri Sultan Hamengku Buwono X, Gusti Kanjeng Ratu Bendara dengan Kanjeng Pangeran Haryo Yudanegara.

Masyarakat bersama-sama pedagang kali lima (PKL) di kawasan Malioboro sukarela membersihkan kotoran, membuang sampah, dan menata tanaman agar rapi saat dilewati kirab pengantin putri bungsu Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada Selasa (18/10) sore.

Usai kerja bakti membersihkan kawasan Malioboro Yogyakarta, mereka menata sebanyak 150 angkringan dan jajan pasar lain di pinggir jalan yang dilalui kirab pengantin putri keraton. Kalangan warga bisa berbaur dengan menikmati jajanan angkringan gratis.

"Ini untuk membuktikan masyarakat Yogyakarta masih menjaga budaya gotong royong dan bentuk rasa bahagia masyarakat Yogyakarta terkait penikahan putri bungsu Sultan," kata Sadiyono (45), seorang warga yang tengah bekerja bakti membersihkan kawasan Malioboro.

Sementara itu, akses jalan menuju Malioboro, terutama ke lokasi resepsi GKR Bendara dengan KPH Yudanegara, Bangsal Kepatihan, ditutup sejak Selasa (18/10/2011) pukul 09.00 pagi. Pengendara yang biasa melewati ruas jalan tersebut dialihkan ke ruas Jalan Pasar Kembang, Jalan Dr Sutomo, dan Jalan Bhayangkara.

Meski demikian, toko, supermarket, dan mal di kawasan Malioboro tetap buka seperti hari biasa, termasuk para pedagang kaki lima (PKL) yang masih berjualan di emperan toko dan Pasar Beringharjo.

Jalan di kawasan Maliboro Yogyakarta pada Selasa (18/10) akan ditutup saat acara resepsi pernikahan putri bungsu Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X, Gusti Kanjeng Ratu Bendara dengan Kanjeng Pangeran Haryo Yudanegara.

Jalan di kawasan Malioboro ditutup karena resepsi pernikahan Gusti Kanjeng Raden (GKR) Bendara dan Kanjeng Pangeran Haryo (KPH) Yudanegara akan berlangsung di Kepatihan Jalan Malioboro pada Selasa (18/10) mulai pukul 19.00 WIB.

Beberapa ruas jalan yang ditutup, antara lain jalan di sekitar Alun-alun Utara, simpang empat Kantor Pos Besar, Jalan Ahmad Yani hingga Malioboro akan ditutup setelah pukul 16.00 WIB sebelum kirab berlangsung.

Sebanyak 2.500 tamu undangan diperkirakan akan menghadiri resepsi pernikahan putri bungsu Sri Sultan Hamengku Buwono X. Resepsi pernikahan akan berlangsung pada Selasa (18/10) mulai pukul 19.00 WIB di Bangsal Kepatihan, kompleks Kantor Gubernur DIY.

Sebelumnya kedua mempelai akan diarak menggunakan kereta Kiai Jong Wiyat dari Keraton Ngayogyakarto menuju Kepatihan dan dikawal prajurit.

Untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan di sekitar kawasan Kepatihan, Malioboro, dan Jalan Mataram, maka panitia mengarahkan semua kendaraan tamu untuk diparkir di Alun-alun Utara. Tamu dari tempat itu selanjutnya akan dibawa menggunakan shuttle bus yang telah disediakan. (antara/dar)

18 Oct, 2011


--
Source: http://id.omg.yahoo.com/news/warga-bersihkan-malioboro-sambut-kirab-pengantin-keraton-091800681.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com