JIFFest 2011 Terancam Batal & Bubar

Thank you for using rssforward.com! This service has been made possible by all our customers. In order to provide a sustainable, best of the breed RSS to Email experience, we've chosen to keep this as a paid subscription service. If you are satisfied with your free trial, please sign-up today. Subscriptions without a plan would soon be removed. Thank you!

JAKARTA– Memasuki usia yang ke-12, Jakarta Internasional Film Festival (JIFFest) terancam batal dan bubar karena terjadi krisis pendanaan.

Ajang festival film terbesar se-Asia tenggara ini seharusnya diselenggarakan pada 14-23 Oktober lalu, namun hingga kini tidak juga terlaksana. JIFFest sejak tahun 1999 memiliki peran besar dalam meningkatkan ketertarikan pada film, baik di Jakarta maupun Indonesia.

Sayangnya, untuk menyelenggarakan festival film yang bertaraf internasional memang bukan perkara yang mudah, sebab dana yang dibutuhkan untuk meminjam dan mendatangkan satu film dari luar negeri tidak sedikit. Sedangkan untuk penjualan tiketnya, pihak JIFFest tidak pernah mematoknya dengan harga tinggi.

Selama ini, JIFFest hanya mendapat pemasukan dari bantuan donasi luar negeri. Namun bantuan itu harus berhenti sampai tahun ke-10. JIFFest pun harus mengandalkan dukungan dari sponsor lokal dan pemerintah.

Regulasi dan dukungan pemerintah pusat dan daerah seringkali tidak sesuai dengan apa yang sudah dijanjikan. Bahkan beberapa kali ditolak, termasuk saat ini. Padahal sudah terbukti bahwa selama 11 tahun terakhir, JIFFest membawa Jakarta dan Indonesia masuk dalam peta dan sorotan kalangan perfilman regional dan dunia.

Dalam siaran persnya, panitia JIFFest pun mengajak semua masyarakat yang peduli pada mutu film dari berbagai belahan dunia untuk membantu menyelamatkan JIFFest dari kematian.

"Kami rasa inilah waktunya untuk kami mengajak masyarakat luas yang peduli terhadap kegiatan budaya yang mendukung perayaan keragaman kemanusiaan untuk membantu JIFFest tetap bisa diadakan tahun ini," ujar Lalu Roisamri, Jiffest Co-Director dalam siaran persnya, Senin (14/11/2011).

Saat ini, dana yang terkumpul untuk "Save JIFFest" adalah Rp210.981.982. Padahal jumlah dana yang dibutuhkan minimal mencapai Rp1 miliar. Jika Anda ingin membantu agar JIFFest tetap hidup, Anda bisa mengklik Jiffest.org untuk mengetahui informasi lebih lanjut.(rik)

14 Nov, 2011


--
Source: http://celebrity.okezone.com/read/2011/11/14/206/529075/jiffest-2011-terancam-batal-bubar
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com