Bjork: Teknologi Bukan Musuh Musik!

Kalau Anda simak perjalanan Bjork saat membuat album BIOPHILIA, Anda akan terkagum-kagum pada totalitas musisi ini dalam bermusik. Di saat yang sama. usaha seniman asal Islandia ini dalam memanfaatkan teknologi yang ada dalam mencipta lagu juga layak diacungi jempol. Bjork hanya ingin membuktikan kalau teknologi bukanlah musuh musik seperti yang sering dikeluhkan para musisi.

Perjuangan Bjork berawal saat ia kehilangan semua peluang untuk mendistribusikan musik yang ia ciptakan. "Saya merasakan dampak emosinya," ujar Bjork yang kemudian mulai merenungi perjalanannya selama sepuluh tahun terakhir. Dari sanalah muncul kesadaran bahwa teknologi bukanlah musuh dunia musik.

"Hang on, teknologi bukan musuh dunia musik. Mungkin ini terjadi karena kita membiarkan para pebisnis menentukan model distribusi musik," ungkap Bjork lagi. Berawal dari ide itu, Bjork mulai mencoba merangkul teknologi mulai dari menggunakan iPad sebagai sarana untuk merekam sampai membuat aplikasi yang berisi lagu-lagu yang ia ciptakan dan menjualnya lewat iTunes.

BIOPHILIA sendiri disebut-sebut sebagai album pertama yang dilepas dalam format aplikasi dan berisi 10 tambang yang direkam Bjork sejak tahun 2008 lalu. Album ini mulai diedarkan tanggal 5 Oktober lalu. (kpl/cmc/roc)

20 Oct, 2011


--
Source: http://id.omg.yahoo.com/news/bjork-teknologi-bukan-musuh-musik-001300914.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com