Finalis Putri Indonesia Mampir ke Kediaman Pahlawan Revolusi

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Willem Jonata

TRIBUNNEWS.COM-JAKARTA - Finalis Puteri Indonesia 2011, hari ini mengunjungi Museum Sasmitaloka kediaman Jenderal A. Yani yang merupakan salah satu di antara sembilan pahlawan revolusi. Mereka datang bertepatan bertepatan dengan momentum hari Kesaktian Pancasila.

"Setiap ada pemilihan, setiap tahun juga kita bikin kegiatan sosial, karena ini momentumnya hari kesaktian pancasila, ya kita ke Museum Ahmad Yani, supaya mereka mengetahui tempat dan peristiwa sejarah  itu," ujar Ahmad R Subing, Humas Yayasan Putri Indonesia, Sabtu, (01/10/2011) di Museum Sasmitaloka A. Yani, di Jalan Latuharhari, Jakarta Pusat.

Ke 38 finalis Puteri Indonesia itu, kemudian digiring petugas museum mulai dari halaman, ruang tamu, dan kamar tidur kediaman mantan mentri sekaligus Panglima Angkatan Darat itu. Mereka juga ditunjukkan tempat persis di mana Jenderal Ahmad Yani tewas bersimbah akibat diberondong senjata laras panjang pada sebuah  peristiwa yang belakangan dikenal sebagai Gerakan 30 September.

Menurut Natassa Anditenrinatasa, finalis Putri Indonesia dari Sulawesi Selatan itu, mengatakan bahwa kunjungannya bersama teman-temannya itu, membuatnya semakin menghargai jasa para pahlawan. Wawasannya juga semakin bertambah terkait peristiwa Gerakan 30 September. Terutama yang terjadi pada Jenderal Ahmad Yani.

"Saya teringat dengan kata-kata Bung Karno. Dia mengatakan, jangan sekali-sekali melupakan sejarah. Kita sebagai putri Indonesia bisa tahu gimana Jenderal Ahmad Yani meninggal dunia mempertahankan Pancasila," ujarnya yang baru saja mengetahui dari petugas museum bahwa ada suara petir sebelum Jenderal Ahmad Yani meninggal dunia.

Kendati demikian, kedatangan 38 finalis Putri Indonesia itu bukan diperuntukkan menjadi pembekalan detail terkait pengetahuan sejarah peristiwa Gerakan 30 1965 itu. Kedatangan mereka memperluas wawasan mereka terkait sejarah perjuangan bangsa.

"Mereka kan dari 33 provinsi. Tidak semua peserta pernah datang ke museum ini. Makanya, mereka berkunjung ke sini dan memang momentumnya tepat," ujar Ahmad R Subing.

01 Oct, 2011


--
Source: http://id.omg.yahoo.com/news/finalis-putri-indonesia-mampir-ke-kediaman-pahlawan-revolusi-084758262.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com