Ide Film Batik Our Love Story Sudah dari Lima Tahun Lalu

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Danang Setiaji Prabowo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sutradara film Nia Daniati mengungkapkan ide membuat film dokumenter mengenai pembuatan batik di Indonesia sudah terpikirkan sejak lima tahun yang lalu. Film dokumenter ini pun mulai digarap pada Desember 2010.

Ditemui usai acara pemutaran filmnya yang berjudul Batik Our Love Story, Nia mengatakan kecintaannya akan batik sudah diturunkan sejak zaman buyutnya. Dorongan kecintaan itulah yang membuat Nia ingin mengetahui lebih dalam mengenai pembuatan batik dengan mewawancara langsung para pembuatnya.

"Kita baru bikin filmnya Desember tahun lalu karena baru dapat sponsor. Kebetulan Attack Batik Cleaner mau bekerja sama dan mendanai pembuatan film ini. Kita keliling Jawa untuk pembuatan film ini seperti ke Cirebon, Pekalongan, Jogja, dan Solo," ujar Nia, Minggu (2/10/2011) di Plenary Hall JCC.

Nia menuturkan selama pembuatan film tersebut, semua daerah yang dikunjunginya membuatnya terkesan. Pada saat pembuatan film itu juga, dirinya menemukan grup penyanyi rap bernama HipHop Diningrat.

"Mereka ini juga pernah perform ke Amerika Serikat mempromosikan batik dengan menggunakan lagu rapnya yang berbahasa Jawa," ucapnya.

Ditambahkannya, pembuatan film dokumenter tersebut selesai pada bulan April 2011 dan selesai editing pada tanggal 29 September 2011 kemarin. "Jadi baru dua hari selesai editing, langsung kita putar," imbuhnya.

02 Oct, 2011


--
Source: http://id.omg.yahoo.com/news/ide-film-batik-love-story-sudah-dari-lima-115803579.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com