Valeria Daniel Ajak Warga Jadi Petani Urban

Laporan Wartawan Tribun Jogja, Ade Rizal

TRIBUNNEWS.COM, SOLO - Duta Lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup, Valeria Daniel, mengaku penasaran dengan konsep penanaman pohon berinstalasi Rak Vertikultur yang diterapkan warga Tempel RT 01 / RW 07, Banyanyar, Banjarsari, Solo, Jateng.

Instalasi Rak Vertikal adalah sistem penanaman pohon secara bertingkat dengan media pot menggunakan kaleng bekas, rak bambu pipa PVC dan sebagainya.

"Saya pernah searching sistem ini di internet. Kemudian saya tahu ada yang menerapkan di Solo, jadi saya ingin lihat secara langsung," akunya saat ditemui Tribun Jogja, Kamis (6/10/2011), di Solo.

Ia mengaku terkesan dengan penerapan sistem tersebut di Kota Solo. Menurut dia, sistem tersebut sangat cocok diterapkan di lahan sempit terutama di kota-kota besar. Dirinya sebagai duta lingkungan, bertekad akan mensosialisasikan sistem tersebut kepada masyarakat untuk diterapkan di lingkungan kota. "Saya ingin ajak masyarakat menjadi petani urban," ujarnya.

Dengan sistem Rak Vertikultur, tidak dibutuhkan lahan tanah yang luas. Cukup dengan pot-pot atau bahkan pipa PVC yang memanjang dan disusun bertingkat, masyarakat bisa bercocok tanam dan menghijaukan lingkungan.

"Ternyata di tengah kota besar pun kita bisa menanam dan hasilnya bisa dinikmati bahkan memenuhi kebutuhan hidup," lanjut mantan presenter televisi tersebut.

09 Oct, 2011


--
Source: http://id.omg.yahoo.com/news/valeria-daniel-ajak-warga-jadi-petani-urban-011051390.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com