Yoo Seung Jun Legenda Bintang Korea yang Terusir

Lahir di Seoul dan dibesarkan di California Selatan, Steve Yoo (nama Korea: Yoo Seung Jun) mulai mengirimkan demo dalam kaset dan video tentang dirinya sendiri kepada berbagai instansi Korea pada pertengahan 90-an. Setelah banyak gagal mengikuti audisi, potensinya akhirnya diakui oleh Brothers Entertainment, yang menngontrak rapper tersebut dan membawanya kembali ke tanah air.

Yoo Seung Jun merilis debut dengan nama Korea pada bulan Maret 1997, dan langsung menjadi cowok keren di industri itu. Saat itu, bintang-bintang idola tidak memiliki perut menawan maupun gaya angkuh anak gangster. Mereka pucat dan kurus, mengenakan celana baggy dengan polo tee besar. Namun Yoo Seung Jun, di sisi lain, bekerja sendiri, dan ia memancarkan pesona 'pemuda Amerika yang nakal' yang mendatangkan badai dalam industri hiburan Korea. Dia adalah yang pertama untuk menggabungkan rap Amerika untuk musik pop Korea dengan cara yang segar dan baru. Berbeda dengan artis rap Amerika yang berusaha untuk mencerminkan isu-isu INNERCITY dari kejahatan perkotaan dan kekerasan melalui lirik mereka, Yoo Seung Jun hanya menyanyikan apa yang dinyanyikan oleh semua idol K-Pop lainnya - mimpi, sakit hati, dan kadang-kadang tentang jatuh cinta dengan wanita yang lebih tua.

Dia dihormati oleh Korea karena memiliki tiga hal: penampilan yang baik, gerakan tarian fenomenal, dan keterampilan rap. Tentu ada persaingan, namun menjadi yang pertama dari kaumnya, ia tidak memiliki saingan yang bahkan dekat dengan gayanya.

Yoo Seung Jun segera menjadi ikon Korea, mewakili semua hal. Menjadi terlibat dengan amal dan kerja sukarela, ia bahkan mendapatkan satu segmen khusus dalam SBS 'Laughter Heaven' bertajuk 'Steve Yoo: Beautiful Youth'. Dengan senyum santai, ia mendapat kepercayaan dari seluruh bangsa, sehingga mereka percaya dia sepenuhnya ketika ia memberi mereka ucapannya: dia akan mengikuti hukum untuk semua laki-laki Korea dan melayani beberapa tahun dengan militer.

Korea sangat terkejut segera setelah diungkapkan bahwa Yoo Seung Jun telah menyerahkan kewarganegaraan Koreanya dan memperoleh status imigrasi resmi di Amerika. Hal ini tentu saja membebaskan dia dari kewajiban melayani militer Korea, dan kecurigaan segera muncul bahwa dia memang sengaja menghindar. Tiba-tiba, tidak ada yang peduli bahwa ia adalah salah satu bintang terbesar di K-Pop. Dalam sekejap, ia dianggap sebagai seorang munafik, pembohong, dan penjahat. Bahkan ada adegan ketika ia kembali ke Korea dari Amerika dan dilarang melangkah keluar bandara. Segera setelah itu pula, karirnya berakhir, dan ia dipaksa kembali ke Amerika pada penerbangan yang tersedia berikutnya.

Versinya sendiri adalah bahwa ia dibesarkan di Amerika dan tidak menyadari betapa signifikan melayani militer di Korea. Dia sudah mengajukan kewarganegaraan AS jauh sebelum itu, tapi setelah publik mengumumkan bahwa dia akan melayani militer, ia meminta aplikasi untuk ditarik. Ketika ia mengunjungi orangtuanya di California, ia menerima pemberitahuan bahwa aplikasi telah diproses dan disetujui. Yoo Seung Jun juga berpendapat bahwa tindakan dan pidato publiknya diarahkan oleh agen, karena ia dikontrak di bawah mereka. Dia hanya berbicara dan menjawab sesuai dengan bagaimana lembaga menyuruhnya untuk menjawab, sehingga ia tidak bisa menjelaskan dirinya sendiri sebebas yang ia inginkan. Dalam sebuah wawancara dengan TVN, bintang itu bahkan menjelaskan situasinya, tetapi tidak peduli berapa kali dia mencoba untuk memperbaiki reputasinya yang rusak, masyarakat selalu berpaling dan menolak untuk mengakui dirinya. Dihadapan masyarakat, dia tak lebih dari seorang pengkhianat.

Larangan itu terjadi pada tahun 2002, dan sembilan tahun kemudian, dia masih dilarang masuk ke Korea. Dia diijinkan kembali hanya sekali dalam tahun 2003 untuk pemakaman ayah mertuanya. Saat ini, Yoo Seung Jun aktif dalam industri hiburan Cina di bawah lembaga Jackie Chan. Dia sedang mengejar karir dalam menyanyi serta berakting, dan membuat debut layar lebar di Cina dengan 'Little Big Soldier' (2010), yang dibintangi Jackie Chan sendiri.

Yoo Seung Jun sendiri masih memiliki harapan untuk kembali ke Korea satu hari nanti, tapi bukan menginjak kaki di panggung, namun ia lebih mencari pengampunan dari orang-orang Korea sendiri. Mungkin dengan lebih banyak waktu, kemarahan rakyat terhadap dirinya akan perlahan sirna dan ia akan diizinkan untuk kembali bukan hanya sebagai warga negara, tetapi juga sebagai artis panggung. Hanya waktu yang akan memberitahu.

29 Sep, 2011


--
Source: http://id.omg.yahoo.com/news/yoo-seung-jun-legenda-bintang-korea-yang-terusir-063048256.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com