Wanda Hamida 9 Tahun Abaikan Tumor di Payudara

JAKARTA- Wanda Hamida mengaku kaget ketika tahu ada tumor di payudaranya. Bahkan, artis yang kini menjadi politisi ini baru tahu penyakit itu setelah sembilan tahun.

"Saya pernah agak nyeri, pas saya periksa enggak tahunya tumor dan itu tumbuh sudah 2 cm. Makanya kalau enggak diobati akan merambah ke kanker. Kalau kangker payudara sudah susah diobati, apalagi kalau sudah stadium," terang Wanda ditemui di Pondok Indah Mall, Jakarta Selatan, Jumat (21/10/2011).

Nyeri tersebut sudah dirasakannya sekira tahun 2001 sampai pada akhirnya tahun 2010 lalu periksa ke dokter. Wanda merasa sedih ketika tahu penyakitnya itu. Bahkan ia tidak menceritakan penyakitnya kepada anak-anaknya.

"Pertama saya mengetahui tumor sedih luar biasa. Saya tidak kasih tahu ke anak, saya enggak mau mereka berpikir. Tapi saya infokan ke suami dan orangtua dan saya atasi secara medis. Saya dua kali cek, di Jakarta dan Surabaya. Dokter memberi pilihan, bisa diangkat atau tidak, tapi jika tidak ancamannya juga tak baik, dari jinak menjadi kanker," jelasnya.

Untungnya, Desember 2010 lalu tumor di payudaranya pun sudah dioperasi. "Alhamdulilah sudah dioperasi dan sudah diangkat. Pokoknya semakin dini diketahui, semakin gampang ditemukan" ucapnya.
 
Penyakit ibu lima orang anak ini ternyata bukan hal baru di keluarga Wanda. Karena itulah, Wanda menghimbau agar semua wanita lebih hati-hati.

"Kakak saya, ipar saya kena kanker payudara, hingga meninggal. Harusnya secara genetik yang memiliki punya turunan kanker darah harus diwaspadai. Tapi bukan berarti yang enggak ada keturunnan sama sekali jadi enggak peduli. Saya menyarankan untuk peduli, rajin-rajin cek, usahakan mencegah itu lebih baik dari mengobati," sarannya.(rik)

21 Oct, 2011


--
Source: http://celebrity.okezone.com/read/2011/10/21/33/518778/wanda-hamida-9-tahun-abaikan-tumor-di-payudara
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com